Banyuwangi yang berada di ujung timur pulau Jawa ternyata punya kuliner khas yang sangat unik bernama Rujak Soto. Mendengar namanya saja mungkin orang akan merasa terheran-heran dan penasaran. Hal itu karena namanya merupakan perpaduan dua makanan khas Indonesia yaitu rujak dan soto.

Ya memang, sesuai dengan namanya, kuliner terkenal di Banyuwangi ini adalah penggabungan antara rujak dan soto. Sehingga cita rasa yang ditawarkan sangatlah kaya. Di dalamnya berpadu antara rasa manis, pedas, gurih dan sedikit asam.

Rujak Soto saat ini sudah menjadi ikon wisata kuliner yang ada di Banyuwangi. Banyak wisatawan dari berbagai daerah sangat penasaran untuk mencicipnya rasanya yang unik.

Sensasi Makan Rujak dengan Kuah Soto

rujak soto banyuwangi
Foto: travelpaketwisata.com

Rasa manis, pedas dan sedikit asam dari rujak berpadu mesra bersama gurihnya kuah kaldu soto di dalam mulut. Itulah sensasi yang akan dirasakan ketika mencicipi rujak soto khas Banyuwangi.

Rujak yang dipakai dalam kuliner Rujak Soto Banyuwangi ini adalah rujak gaya Jawa Timur. Dimana dalam pembuatannya bumbunya menggunakan kacang tanah dan petis. Kacang tanah yang sudah digoreng dihaluskan dan dicampurkan dengan petis sehingga menciptakan bumbu yang berwarna kehitaman.

Yang membuatnya berbeda selain kacang tanah dan petis ditambahkan pula pisang muda ke dalam campuran bumbunya. Pisang muda ini juga sering disebut kluthuk. Kemudian untuk menguatkan cita rasa disertai pula garam, cuka dan cabai sesuai selera.

Setelah bumbu rujak sudah jadi selanjutnya adalah mencampurkannya dengan bermacam-macam sayuran. Umunya sayuran yang digunakan adalah kangkung, tauge, dan kacang panjang. Selain itu ada juga tambahan tempe tahu yang sudah digoreng.

Setelah rujak sudah siap maka berikutnya diguyur kuah soto beserta isiannya yaitu daging sapi. Cita rasa kuah soto kurang lebih mirip dengan sajian soto yang ada di daerah Jawa yaitu gurih dan kaya akan rempah.

Baca Juga:  Sambal Pecak Betawi, Pendamping yang Maknyus

Bumbu yang digunakan dalam kuah sotonya adalah bawang putih, kunyit, serai, jahe, jeruk dan penyedap rasa. Umunya Rujak soto disantap dengan irisan lontong. Hal berikut juga sangat unik karena biasanya soto dinikmati dengan menggunakan nasi putih.

Terakhir Rujak Soto Banyuwangi dilengkapi dengan toping kerupuk dan juga telur asin. Bagaimana? Apakah sudah bisa membayangkan bagaimana kayanya cita rasa di dalam semangkuk rujak soto?

Ditutup Dengan Segarnya Es Temulawak

Jika menikmati rujak soto di banyuwangi akan lebih afdol jika minumnya es temulawak. Ini adalah sajian minuman tradisional yang selain enak juga kaya akan manfaat. Minuman temulawak memiliki cita rasa perpaduan manis dan asam. Sehingga sangat cocok diminum pada saat siang hari yang terik.

Secara medis minuman temulawak telah terbukit sangat bermanfaat bagi tubuh. Temulawak mampu menambah nafsu makan, penghilang nyeri sendi, penurun kolestrol, sampai obat penyakit liver.

Di saat ini temulawak sudah dikemas dalam kemasan yang modern. D daerah banyuwangi banyak dijumpai minuman temulawak dalam kemasa botol. Hal itu membuatnya juga cocok dijadikan oleh-oleh.

Baca Juga: Sarapan Nasi Balap Puyung Khas Lombok Menggugah Selera

Rekomendasi Warung Rujak Soto Di Banyuwangi

Rujak Soto
Sumber Foto: Pinterest.com

Bisa dibilang rujak soto masih sulit ditemukan di tempat-tempat lain. Jadi kamu harus datang langsung ke Banyuwangi untuk mencicipi kelezatan rujak soto dengan rasa yang autentik.

Ada beberapa warung rujak soto yang sudah sangat terkenal di Banyuwangi, yaitu:

  1. Rujak Soto Mbok Mbret
  2. Pondok Rujak Soto
  3. Warung Rujak Soto Bu Islamiyah
  4. Rujak Soto Losari
  5. Warung Rujak Soto Bu Ning