Nama Pantai Bangko-Bangko rasanya masih cukup asing di telinga. Berada di wilayah Lombok Barat tempat ini memang kalah populer jika dibandingkan Pantai Senggigi ataupun Pantai Kuta Lombok.

Namun tahukah kamu bahwa Pantai Bangko-Bangko ini sebenarnya cukup eksis terutama bagi penggemar olahraga selancar. Pantai ini dianggap memiliki ombak yang ganas dan menantang untuk aktivitas selancar.

Keganasan ombak dari Pantai Bangko-Bangko bahkan sudah diakui dunia. Hal itu dibuktikan dengan masuknya tempat ini ke dalam 10 besar spot selancar dengan ombak terganas di dunia menurut International Surfing Association.

Di samping itu pemandangan kawasan pantainya sendiri juga tidak kalah menawan. Pantai Bangko-Bangko dapat dijadikan alternatif untuk bersantai dan quality time di kawasan Lombok Barat.

Daya Tarik Pantai Bangko-Bangko

Pantai ini berada di ujung barat Pulau Lombok. Secara administratif tempat wisata ini beralamat di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Daya tarik dari pantai ini adalah pasirnya yang berwarna putih bersih. Keindahannya berpadu bersama laut biru dengan ombak yang bergulung-gulung.

Suasana di Pantai Bangko-Bangko sangat sunyi karena jauh dari pemukiman. Selain itu kawasannya juga masih sangat alami. Hanya ada beberapa gubuk saja yang berdiri di tepi pantai. Sehingga sangat cocok bagi yang mencari spot untuk melepas penat dan menenangkan diri.

Dikarenakan masih alami, beragam jenis fauna unik dapat ditemui di tempat ini. Jika beruntung wisatawan dapat melihat elang bondol, ayam hutan, raja udang, koakiu, kupu-kupu troces helena, eleng laut, dan jenis fauna lainnya.

Terletak di ujung barat pulau menjadikan tempat ini punya keunggulan pemandangan sunsetnya yang indah. Di samping itu ternyata pantai ini juga dapat dipakai untuk snorkeling. Memiliki air laut jernih wisatawan dapat menyaksikan kehidupan alam bawah laut yang cantik.

Baca Juga:  Panorama Pundu Nence Peak Bima Yang Memukau

Desert Point Bangko-Bangko yang Mendunia

Pantai Bangko-Bangko
Sumber Foto: Lomboktour.com

Spot andalan dari Pantai Bangko-Bangko adalah Desert Point Bangko-Bangko. Kawasan ini adalah surganya para peselancar. Disebut desert poin karena kawasan ini berupa pantai yang tandus dan jarang adanya pepohonan, sehingga menyerupai sebuah gurun pasir.

Tak hanya peselancar lokal, tempat ini juga jadi tujuan menarik bagi peselancar dari seluruh penjuru dunia. Pantai Bangko-Bangko dianggap memiliki ombak yang ganas dan menantang dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Peselancar dapat menemukan ombak besar yang menciptakan terowongan selama 10 detik atau bahkan 20 detik. Momen-momen seperti itu tentunya menjadi yang paling dinantikan oleh peselancar.

Waktu terbaik untuk berselancar di Desert Point Bangko-Bangko adalah periode bulan mei sampai oktober. Di waktu tersebut adalah saat dimana ombak pasang naik turun dan sangat ganas. Ketinggian ombaknya dapat mencapai 3 meter dan mampu melontarkan lidah gulungan  hingga sepanjang 300 meter.

Dengan fakta-fakta tersebut sudah barang tentu membuat Pantai Bangko-Bangko menjadi impian para peselancar di seluruh dunia.

Baca Juga: Gili Asahan, Pulau Dengan Alam Bawah Laut Yang Menawan

Cara Menuju Pantai Bangko-Bangko

Berada di ujung barat Pulau Lombok, pantai ini berjarak sekitar 70km dari pusat kota Mataram. Dibutuhkan perjalanan sekitar 2,5-3 jam perjalanan darat untuk mencapai tempat ini. Perjalanan panjang tidak akan terasa membosankan. Hal itu karena wisatawan akan melewati Taman Wisata Bangko-Bangko yang asri dan dihuni berbagai hewan-hewan unik.

Selain lewat jalur darat, bisa juga melewati jalur laut. Jika menggunakan jalur laut wisatawan akan naik perahu dari Pantai Cemare. Perjalanan dari Pantai Cemare ke Pantai Bangko-Bangko memakan waktu sekitar satu jam perjalanan.

Baca Juga:  Oleh-Oleh Souvenir Lombok Yang Wajib Dibawa Pulang