Siapa yang tidak kenal dengan Kawah Ijen? Di tempat ini kamu akan melihat pemandangan yang sangat indah sehingga tak heran kalau wisatawan luar negeri atau dalam negeri sering mengunjungi tempat ini.

Wisata alam yang menyajikan danau asam berwarna biru kehijauan dengan diameternya yang mencapai 700 meter serta luasnya sekitar 5.465 hektar. Untuk kedalamannya bisa mencapai 200 meter dengan volume danaunya berkisaran 35 juta meter kubik.

Danau yang ada di tempat ini terbentuk akibat letusan dari Gunung Ijen yang aktif. Nah jika kamu ingin melihat keindahan alam dari Kawah Ijen, kamu dapat simak pembahasan yang berikut ini.

Mengenal Kawah Ijen yang Belum Diketahui!

Kawah Ijen
Sumber: inews.id

Memang pada dasarnya Kawah Ijen ini hanya sebuah danau saja. Meskipun begitu, ada banyak hal yang menarik hingga menjadi keunikan tersendiri bagi wisata ini. Tampilannya juga sangat menakjubkan dengan adanya kabut yang akan menutupinya.

Hal tersebut karena di Kawah Ijen memiliki udara yang sejuk dan dingin dengan suhunya mencapai 2 derajat celcius. Wisata ini juga menjadi salah satu wisata alam yang dibangga-banggakan oleh warga masyarakat Jatim (Jawa Timur). Hal tersebut karena danau kawah ini termasuk dalam kategori air asam terbesar di dunia.

Inilah yang membuat Kawah Ijen makin terkenal dan populer hingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Tinggalkan keasaman dari kawah ini bisa mendekati pada titik 0, jadi setiap benda apapun yang masuk ke dalamnya. Maka dengan cepat akan dilenyapkan. Tentunya, sangat diperingatkan tiap pengunjung yang berkunjung ke sana harus menjaga jarak dengan danaunya.

Baca Juga:  Pantai Pacar Tulungagung, Pesona Alam yang Menakjubkan

Bagaimana dengan Lokasinya?

Kawah Ijen
Sumber: kotaikan.blogspot.com

Dimanakah lokasi dari Kawah Ijen? Berhubung ukuran daerahnya juga sangat luas, wisata ini berada di antara dua kabupaten, yakni Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Meskipun demikian, kebanyakan wisatawan akan melalui Banyuwangi. Maka dari itu, banyak orang juga lebih mengenal kalau wisata yang satu ini dikenal sebagai wisata khas dari Banyuwangi.

Cara Menuju ke Kawah Ijen

Kawah Ijen
Sumber: manusialembah.com

Lantas bagaimana cara menuju ke Kawah Ijen? Untuk menuju ke wisata ini dari stasiun Kota Banyuwangi. Dimana kamu dapat menuju pada Kecamatan Licin, tepatnya Desa Banyusari.

Dari desa tersebut kamu dapat menuju pada Paltuding. Namun, jika berangkat dari Surabaya, kamu dapat mengikuti jalan tol ke Probolinggo yang nantinya akan melalui Bangil serta Pasuruan.

Keluar tol, kamu masuk ke jalur Kraksaan dan kemudian Besuki hingga sampai di Bondowoso. Dari Bondowoso, kamu dapat menuju ke Paltuding. Sesudah itu, kamu dapat mendaki gunung tersebut hingga sampai di Kawah Ijen.

Tiket Masuk ke Kawah Ijen

Kawah Ijen
Sumber: correcto.id

Untuk harga masuk ke Kawah Ijen, kamu harus mengeluarkan biaya yang sebesar 5.000 saja di tiap hari biasa, seperti Senin-Jumat. Untuk hari Sabtu, harga tiket masuknya akan berubah menjadi 7.500 per orang. Harga tersebut hanyalah untuk orang-orang yang berasal dari dalam negeri atau wisatawan lokal.

Untuk wisatawan luar negeri, harganya bisa mencapai 100.000 per orang di tiap hari biasa. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu bisa mencapai 150.000 per orang. Khususnya harga buat pengambilan gambar komersil seperti foto prewedding atau mungkin keperluan lainnya, harganya bisa mencapai 10 juta.

Itulah ulasan sekilas mengenai wisata Kawah Ijen. Bisa dibilang liburan di wisata ini sangatlah menantang, apalagi bagi orang yang belum pernah mendaki gunung. Meskipun begitu, semua hal yang membuat kamu lelah dan capek akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah di atas. Selamat liburan!

Baca Juga:  Pantai Plengkung Banyuwangi, Surganya Para Peselancar